Rabu, 06 Mei 2015

GODHONG GLANDIR SAMBEL ASEM

Ya...Godhong glandir. Teman-teman tau gak apakah godhong glandir? Dalam bahasa jawa, Godhong berarti daun, Glandir adalah daun dari pohon ubi rambat. Saya baru tau di semarang klo ternyata ini bisa dimakan, karena pas saya masih di jogja dulu, gak pernah saya nemu godhong glandir diolah jadi menu untuk disantap.  Nah, kadang klo pas kami (saya dan pak suami) nginep di rumah ibuk mertua saya, kakak ipar saya sering banget bikin menu ini, ternyata eh ternyata, godhong glandir ini adalah menu favoritnya ibuk mertua saya, bahkan beliau nanam sendiri lho, supaya bila sewaktu-waktu pengen gak perlu nunggu tukang sayur, tinggal petik aja.  Tapi yang suka sama olahan godhong glandir di rumah ibuk ya hanya kaum perempuan saja, saya, ibuk dan kakak ipar.

Semalam sebelumnya, saya sempat nanya ke pak suami, gini ni :
Saya          :"Besok aku mau masak godhong glandir. 
                    Mas tau gak godhong glandir? "  
Pak Suami   :"Tauu...Bayam kan? "
Saya          :"Heh ??? !!! "
Aduh suamikuh...... Ya jelas bukan dong....!!!! Itu beda !!! Hal inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk memperkenalkan si glandir ini ke pak suami. Halah...iki opo to, maap, agak lebay ya? Piss :))

Berikut bahan-bahan yang diperlukan :

Ini glandir siap rebus dan tahu tempe siap goreng
  1. 1/2  ikat godhong glandir
  2. 3 siung Bawang merah
  3. 3 buah cabe
  4. 3 butir asem jawa
  5. Terasi
  6. Garam
  7. Gula jawa.
Step by stepnya kayak gini :
  1. Didihkan air, setelah itu masukkan godhong glandir dan taburi sedikit garam. sekiranya sudah empuk, angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, cabe, terasi, garam dan gula jawa. Kemudian masukkan asemnya. 
  3. Aduk aduk rata dan siap dihidangkan.
Simple banget kan? Untuk pendamping si glandir ini saya goreng tahu dan tempe yang dibumbui dengan rendaman ulekan sedikit ketumbar, bawang putih dan garam. Oh ya, sama saya tambahin mentimun ding. Super duper Yummyyyy lho ... !!!
Ini porsi makan kami berdua
Ketika mulai makan, pak suami bilang dikit aja sambelnya. Tapi setelah makan selesai, sambel dimangkok itu ludes dilalap barengan sama kerupuk. Gak cuma itu aja, sudah ada pesanan menu glandir lagi untuk hari minggu besok. Emm...Ternyata bikin nagih kan Pak suami? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar