Rabu, 06 Mei 2015

GODHONG GLANDIR SAMBEL ASEM

Ya...Godhong glandir. Teman-teman tau gak apakah godhong glandir? Dalam bahasa jawa, Godhong berarti daun, Glandir adalah daun dari pohon ubi rambat. Saya baru tau di semarang klo ternyata ini bisa dimakan, karena pas saya masih di jogja dulu, gak pernah saya nemu godhong glandir diolah jadi menu untuk disantap.  Nah, kadang klo pas kami (saya dan pak suami) nginep di rumah ibuk mertua saya, kakak ipar saya sering banget bikin menu ini, ternyata eh ternyata, godhong glandir ini adalah menu favoritnya ibuk mertua saya, bahkan beliau nanam sendiri lho, supaya bila sewaktu-waktu pengen gak perlu nunggu tukang sayur, tinggal petik aja.  Tapi yang suka sama olahan godhong glandir di rumah ibuk ya hanya kaum perempuan saja, saya, ibuk dan kakak ipar.

Semalam sebelumnya, saya sempat nanya ke pak suami, gini ni :
Saya          :"Besok aku mau masak godhong glandir. 
                    Mas tau gak godhong glandir? "  
Pak Suami   :"Tauu...Bayam kan? "
Saya          :"Heh ??? !!! "
Aduh suamikuh...... Ya jelas bukan dong....!!!! Itu beda !!! Hal inilah yang membuat saya semakin bersemangat untuk memperkenalkan si glandir ini ke pak suami. Halah...iki opo to, maap, agak lebay ya? Piss :))

Berikut bahan-bahan yang diperlukan :

Ini glandir siap rebus dan tahu tempe siap goreng
  1. 1/2  ikat godhong glandir
  2. 3 siung Bawang merah
  3. 3 buah cabe
  4. 3 butir asem jawa
  5. Terasi
  6. Garam
  7. Gula jawa.
Step by stepnya kayak gini :
  1. Didihkan air, setelah itu masukkan godhong glandir dan taburi sedikit garam. sekiranya sudah empuk, angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang merah, cabe, terasi, garam dan gula jawa. Kemudian masukkan asemnya. 
  3. Aduk aduk rata dan siap dihidangkan.
Simple banget kan? Untuk pendamping si glandir ini saya goreng tahu dan tempe yang dibumbui dengan rendaman ulekan sedikit ketumbar, bawang putih dan garam. Oh ya, sama saya tambahin mentimun ding. Super duper Yummyyyy lho ... !!!
Ini porsi makan kami berdua
Ketika mulai makan, pak suami bilang dikit aja sambelnya. Tapi setelah makan selesai, sambel dimangkok itu ludes dilalap barengan sama kerupuk. Gak cuma itu aja, sudah ada pesanan menu glandir lagi untuk hari minggu besok. Emm...Ternyata bikin nagih kan Pak suami? 

ORAK-ARIK BUNCIS

Halluwwwww.....How are you? Cieh....gaya amat si'? Semoga selalu baik dan sehat ya teman-teman. Oh ya, saya akui akhir-akhir ini saya jarang posting, karena ya...agak repot akhir-akhir ini. Kemarin pas long weekend aja, berasa kurang :)), jumat di rumah ibu, sabtu beberes, minggunya mulai start keluar dari rumah jam 6.15 pagi sampe rumah lagi untuk istirahat jam 18.15, dimulai dengan menghadiri acara ijab kabul teman eh..sahabat yang sudah dianggap seperti adek oleh pak suami, trus ke rumah kakak ipar, trus menghadiri resepsi di Undip Tembalang, trus takziyah.....dan.....baru masuk rumah lagi pas adzan maghrib. Fyuuhhhhh...itu rasanya....cappeeekkkkkk  beeuuttt......

E...tapii......tetep ya, saya tetep siapin menu untuk makan malam kali ini, yang simple dan mudah (sodaraan kayaknya simple dan mudah..hihihihi....). Dan pilihan menu kali ini simple banget karena stok belanjaan di kulkas tinggal beberapa aja, ada lele yang sudah berbumbu, dan sayurannya tinggal buncis, daun pisang, brokoli dan sayuran penunggu setia kulkas, yaitu wortel, tomat, loncang, cabe dan penunggu setia lainnya seperti telur dan duo bawang yang sudah dikupas dan dicuci. 

Baiklah...kita masak orak-arik buncis aja yuk, udah lama juga gak masak orak-arik sama nyambel tomat dan goreng lele. Emmm......kayaknya sedap.... 

Bahan-bahannya yaitu :
  1. 9 batang buncis, iris tipis serong
  2. 1 buah wortel, potong seperti batang korek api
  3. 1 butir telur
  4. Loncang
  5. Bawang merah goreng
  6. Sedikit minyak goreng
  7. Sedikit air
Bumbunya :
  1. Merica
  2. Bawang putih
  3. Sedikit kunyit
  4. Garam secukupnya
  5. Gula pasir secukupnya.
Langkah-langkahnya :
  1. Semua bumbu diatas dihaluskan.  
  2. Masukkan telur dan orak-arik
  3. Masukkan wortel dan buncis
  4. Tambahkan sedikit air, garam, gula pasir
  5. Tunggu sebentar dan jangan terlalu matang
  6. Angkat dan sajikan. Taburi dengan bawang merah goreng.
 
Gimana, simple kan? Sebagai teman orak arik buncis ini, saya goreng ikan lele yang saya goreng garing jadi pas digigit tu bunyi kriuuukkkk.... dan sambel tomat. Alhamdulillah...walaupun menu sederhana gini, pak suami tetap semangat melahapnya. Dan tentunya juga membuat saya lebih semangat lagi untuk belajar di dunia masak memasak.