Senin, 01 Desember 2014

PEPES TAHU PINDANG DAN SAYUR ASEM

Sepanjang perjalanan pulang kantor menuju rumah, saya masih bingung, masak apa ya? Di kulkas hanya ada tahu putih, telur, dan kentang. Kalau bikin tahu crispy saya belum PD, karena apa? karena saat tahu saya angkat dari penggorengan sie crispy ya, tapi beberapa menit kemudian seiring tahunya dingin, lemes lah si tahu crispy itu. jadi agak males bikin tahu crispy. Terus masak apa dong.....???!!! Bingung sendiri...Mampirlah saya ke warung sayur yang biasa saya lewat ketika pulang kantor. Tinggal ada pindang dan sayur yang sudah agak layu, maklum lah udah sore ini. Okelah, saya beli pindang 1 keranjang isi 2 dan mix sayur asem. 

Sampai rumah pas berkumandang adzan maghrib, saya mandi dan sholat. Barulah setelah itu, saya mulia berkutat di dapur. Saya buka kulkas, tahu putih saya keluarin, sayang juga kalau tidak segera dimasak. Akhirnya saya putuskan, saya masak pepes tahu pindang dan sayur asem. Kebetulan sisa daun pisang pas masak garang asem kemarin masih ada, walaupun agak sedikit layu sie, tapi tak apalah. Nah... untuk resep pepes tahu pindang ini, saya akan sharing ke teman-teman semua, siapa tahu bisa dijadikan acuan dan semoga bermanfaat. 

Untuk bahan-bahannya adalah :
  • 2 buah pindang ukuran sedang (buang duri tengahnya dan duri yang kadang menempel di temboloknya; saya lebih suka benar-benar bersih dari duri, soalnya trauma, dulu pernah gak sengaja tertelanlah itu duri dan sakitnya tuh disini...di tenggorokan ==> tu kan curhat lagi, ini baru nulis resep masih aja sempat-sempatnya curhat)
  • 2 buah tahu putih ukuran sedang (nanti dihancurkan bersamaan pada saat menghaluskan bumbu)
  • Tomat (potong kecil-kecil)
  • Daun bawang (loncang - potong kecil-kecil)
  • Daun kemangi (pisahkan antara daun dan tangkai)
  • Daun salam (saya pakai 2 lembar kecil tapi saya potong-potong agar merata) 
Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu :
  • 2 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabe merah (karena saya dan pak suami gak doyan pedes, jadinya pake cabe yang ini aja, bukan cabe rawit setan)
  • Kunyit sedikit
  • Kemiri 1 butir
  • Garam
  • Gula pasir (Gula jawa juga boleh)
Sekarang prosesnya,

  • Setelah bumbu dihaluskan, campurkan tahu sambil dihancurkan dengan ulekan.
  • Setelah semua tercampur, masukkan tomat, daun bawang, daun kemangi, dan daun salam, aduk sampai tercampur rata.
  • Lalu siapkan daun pisang untuk membungkus, kemudian tuang adonan tahu ke daun pisang, pipihkan, taruh ikan pindang di tengah, lalu tuang adonan tahu lagi sehingga ikan berada di tengah tahu (bingungkan membayangkannya? sayang pas sesi ini tidak saya dokumentasikan).
  • Gulung daun pisang seperti gulungan lontong. Jangan lupa, di kedua ujung disematkan menggunakan tusuk gigi atau lidi yang dipotong-potong  kurang lebih 3 - 4 cm-an.
 
  • Setelah itu, panaskan dandang. Setelah panas, masukkan pepes yang sudah siap dan kukus kurang lebih 30 s/d 45 menit.  
 
  • Seteleh itu, keluarkan dari dandang dan siap untuk dipanggang.
  • Karena alat panggang saya ada salah satu "onderdil"nya yang rusak, saya pake teflon aja manggangnya.
  • seperti ini ni : 
  • Panaskan teflon, tuang sedikit minyak goreng atau margarin, dan masukkan pepesnya. Bolak-balik sampai matang, angkat dan sajikan.
 


Untuk sayur asemnya sie standard ya, baik bahan dan bumbunya, tapi saya lebih suka sedikit saya kasih terasi agar lebih sedap aromanya. Terus terang, kebiasaan saya bila memasak, saya jarang sekali... hampir tidak pernah... saya tambahi vetsin / msg atau pun bumbu penyedap (misal : m*s*k* atau R*yc* atau apapun). Memang di dapur tidak ada dan tidak pernah saya adakan. Pure hanya garam dan gula saja dan bumbu utama. Saya hanya mencoba membiasakan diri mengurangi bahan-bahan tersebut. Kalau untuk tidak sama sekali menyentuh bahan-bahan tambahan tersebut tidak mungkin, karena pasti kita juga kadang makan di luar, yang mungkin menggunakan bahan tambahan tersebut. Jadi anggap saja, ini cara saya untuk mengurangi penggunaan penyedap tambahan ke makanan. 

Ini dia tampilan si pepes tahu pindang dan sayur asemnya, cekidot...!!!



Sekian sedikit cerita dari saya, semoga bermanfaat. Sekarang, mari kita cari inspirasi lagi, masak apa ya hari ini...??? Tetap semangat teman-teman semua...!!!